Jangan Terlalu Sering Mandi Malam, Kenapa ?

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 06 Februari 2016

Anggapan tentang bahaya mandi malam hari memang sering kita dengar. Misalnya, mandi malam hari akan menyebabkan penuaan diri, reumatik, dan paru-paru basah. Nah, untuk mengetahui bagaimana sebenarnya efek mandi malam hari, berikut ulasannya.

Menurut beberapa dokter, anggapan mengenai mandi malam hari menyebabkan penuaan dini dirasa kurang tepat. Penuaan dini akan dialami seseorang jika mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan bergizi, merokok dan tidak berolahraga.

Mandi pada hakikatnya bersifat membersihkan tubuh dan menyegarkan, jadi tidak ada hubungannya dengan penuaan dini karena penyakit tersebut merupakan penyakit degeneratif.

Jika kondisi tubuh sedang fit, mandi malam hari tidak akan menyebabkan flu. Namun harus diingat, jika tubuh sedang terserang flu, maka sangat disarankan untuk tidak mandi malam.

Hal ini juga berlaku pada penderita reumatik atau radang sendi. Mandi malam hanya akan memperparah kondisi tubuh. Tapi jika memang terpaksa, mandi malam boleh dilakukan asalkan menggunakan air hangat.

Secara psikologis, membersihkan diri dengan mandi sebelum beristirahat akan memberikan rasa rileks dan tenang, apalagi setelah berada di luar rumah seharian. Tapi jangan sampai mandi dilakukan pada tengah malam.

Suhu air yang dingin akan memperburuk kondisi tubuh yang seharusnya sudah beristirahat pada tengah malam. Apalagi, bagi orang lanjut usia tidak diperkenankan mandi malam, karena sistem ketahanan tubuh yang mulai rentan terhadap gangguan luar akan menimbulkan penyakit-penyakit. - Catering Enak -

Intinya, seseorang boleh mandi malam hari, asalkan sedang dalam kondisi fit dan sehat, serta lebih aman jika menggunakan air hangat agar mencegah penyakit karena dinginnya air.